Tim Nasional Moldova



Team sepak bola nasional Moldova ( Rumania : Echipa națională de fotbal a Moldovei ) sebagai wakil Moldova dalam perkumpulan sepak bola serta dikontrol oleh Asosiasi Sepak Bola Moldova , tubuh pengontrol sepak bola di Moldova. Tanah asal Moldova ialah Stadion Zimbru di Chișinău serta pelatih kepala mereka ialah Igor Dobrovolski. Sesudah pecahnya Uni Soviet , mereka mainkan laga pertama mereka menantang Georgia pada 2 Juli 1991.
Dua dari tiga hasil paling baik mereka pada tahun 1990-an, tiba semasa kwalifikasi untuk UEFA Euro 1996 , dengan kemenangan atas Georgia (1-0) di Tbilisi serta Wales (3-2) di Chișinău. Di tahun 2007, Moldova mendapatkan hasil yang benar-benar baik, menaklukkan Hongaria 3-0 di Chișinău pada kwalifikasi Euro 2008. Hasil paling baru paling baik mereka ialah kemenangan 5-2 atas Montenegro semasa kwalifikasi Piala Dunia FIFA 2014. Team tidak pernah maju ke set final Kejuaraan Eropa UEFA atau Piala Dunia FIFA sekarang ini.

Mengejar kekalahan Moldova 4-0 dari Inggris pada September 1997, penulis serta komedian Inggris Tony Hawks ke Moldova untuk melawan serta menaklukkan semua 11 pemain sepak bola internasional Moldova di tenis. Versus film feature dari buku dengan nama yang sama, Playing the Moldovans at Tennis , difilmkan di serta seputar Chișinău pada Mei serta Juni 2010 serta dikeluarkan pada musim semi 2012.

Asosiasi Sepak Bola Moldova dibangun di tahun 1990. Tetapi, team sepak bola nasional Moldova tidak mainkan laga internasional sah sampai 1991, saat Moldova kalah dari Georgia.

Usaha pertama Moldova untuk maju ke Piala Dunia FIFA ialah di tahun 1998 , tapi mereka tidak berhasil maju ke kompetisi. Moldova sudah usai untuk yang paling akhir atau yang paling akhir terakhir dalam semua kampanye kwalifikasi kompetisi yang dimasukkan sampai sekarang ini, terkecuali kwalifikasi UEFA Euro 2008 , dimana mereka ada di posisi ke-5 dalam tujuh team Group C dengan 12 point.

Keterlibatan Moldova di Piala Dunia sepakbola
Kwalifikasi Piala Dunia pada 1998
Timnas Moldova tidak ada fungsinya di Group 2 serta dengan 2 gol terikuth, di belakang Inggris , Italia , Polandia serta Georgia.

Kwalifikasi Piala Dunia pada 2002
Moldova akhiri kwalifikasi Piala Dunia di Group 4 di tahun 2002 dengan kemenangan (2-0 menantang Azerbaijan) serta 3x seimbang dari sepuluh laga di belakang Swedia , Turki , Slovakia serta Makedonia serta di muka Azerbaijan dalam tempat ke-5.

Kwalifikasi Piala Dunia 2006
Moldova mengakhiri kwalifikasi Piala Dunia 2006 di Group 5 dengan kemenangan (2-0 menantang Belarus) serta 2x seimbang dari sepuluh laga di belakang Italia , Norwegia , Skotlandia , Slovenia serta Belarus dalam tempat paling akhir.

Kwalifikasi Piala Dunia 2010
Dalam kwalifikasi untuk Piala Dunia 2010, Moldova akhiri set penyisihan dalam tempat paling akhir di Group 2 di belakang Swiss , Yunani , Latvia , Israel serta Luksemburg. Sesudah pergi, pelatih Dobrowolski memundurkan diri dari kedudukannya. [2]

Kwalifikasi Piala Dunia 2014
Dalam kwalifikasi untuk Piala Dunia 2014 , team Moldova berjumpa di Group H Eropa menantang Inggris , Montenegro , Polandia , San Marino serta Ukraina. Dengan tiga kemenangan, dua seimbang serta lima kekalahan, Moldova tempati tempat ke-2 dari paling akhir dalam group.

Kwalifikasi Piala Dunia 2018
Kwalifikasi untuk Piala Dunia 2018 tidak berhasil lebih dini. Dua hasil seimbang dibikin menantang team sepak bola nasional Georgia.

Keterlibatan Moldova di Kejuaraan Sepak Bola Eropa
Kwalifikasi Kejuaraan Eropa di tahun 1996
Moldova memenangi dua laga pertama kalinya (1-0 di Georgia, 3-2 menantang Wales), tapi selanjutnya kalah tujuh laga beruntun. Selanjutnya, team ada di posisi ke-4 dengan 9 point di group kwalifikasi mereka di belakang juara Eropa pada akhirnya Jerman , Bulgaria ke-4 Piala Dunia serta Georgia , tapi masih di muka Wales serta Albania.

Kwalifikasi Kejuaraan Eropa tahun 2000
Moldova berlaga menantang juara bertahan Jerman , Turki , Finlandia , serta Irlandia Utara di group kwalifikasi 3. Semasa kwalifikasi, Moldova tidak dapat memenangi laga serta usai dalam tempat paling akhir dalam tabel.

Kwalifikasi Kejuaraan Eropa di tahun 2004
Moldova ada di posisi ke 4 dalam Group 3 di belakang Republik Ceko , Belanda , Austria serta di atas Belarus serta tidak bisa berhasil lolos.

Kwalifikasi Kejuaraan Eropa tahun 2008
Moldova bermain di Group C menantang juara bertahan Yunani , Turki , Norwegia , Bosnia-Herzegovina , Hongaria , serta Malta. Team kembali lagi tidak bisa maju ke kompetisi final.

Kwalifikasi Kejuaraan Eropa tahun 2012
Di group kwalifikasi E , Moldova bermain menantang Belanda , Hongaria , Swedia , Finlandia serta San Marino. Team kembali lagi tidak bisa maju ke set final untuk ke-5. Pada 19 Desember 2011 dipublikasikan jika kontrak yang telah kedaluwarsa dengan pelatih nasional Gavril Balint tidak diperbaharui. [3]

Kwalifikasi Kejuaraan Eropa tahun 2016
Dalam kwalifikasi untuk Kejuaraan Eropa 2016 , Moldova berjumpa Rusia , Swedia , Austria serta Montenegro dan Liechtenstein untuk kali pertamanya. Dengan pengecualian dua seri dalam laga menantang Liechtenstein serta Rusia, Moldova tidak cetak point apa saja serta usai dalam tempat paling akhir di Group G.

Kwalifikasi Kejuaraan Eropa tahun 2021
Dalam kwalifikasi untuk Kejuaraan Eropa 2021 , Moldova berjumpa Albania , Andorra serta Turki dan untuk juara dunia pertama-tama Prancis serta Islandia. Moldova menang serta usai dalam tempat paling akhir di Group H.

Popular posts from this blog

Tim Nasional Montenegro

Tim Nasional Makedonia Utara